MATERI AJAR
Pertemuan 1
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
SEBELUM TAHUN 1940
Sejarah
perkembangan komputer dari masa ke masa selalu saja manusia menemukan sesuatu
yang baru dan lebih baik, begitu juga dengan penemuan teknologi komputer. Kemajuan-kemajuan
yang dicapai manusia telah mengubah bentuk dan efisiensi kerja dari
komputer-komputer tersebut.
SEBELUM TAHUN 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa.
1.
Peralatan manual: yaitu peralatan
pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian
alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2.
Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang
sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3.
Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan
mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4.
Peralatan Elektronik: Peralatan yang
bekerjanya secara elektronik penuh.
Beberapa
peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
1.
Abacus.
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
2.
Kalkulator roda
numerik
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18
tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical
wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan
roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini
merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah
hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
3.
Kalkulator roda numerik
2
Tahun
1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz
(1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.
Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan
roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh
Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
4.
Kalkulator
Mekanik.
Charles
Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi
aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan
pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat
melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan
kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama
dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 6 generasi yakni sebagai berikut
KOMPUTER
GENERASI PERTAMA
Komputer
generasi pertama memiliki ciri khusus yaitu menggunakan tabung vakum untuk
memproses dan menyimpan data. Komputer generasi pertama mudah panas dan
terbakar, oleh karena itu banyak tabung vakum yang diperlukan untuk menjalankan
operasi keseluruhan komputer. Komputer generasi pertama juga memerlukan banyak
tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya.
Beberapa komputer
generasi pertama :
a.
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1945.
Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep
penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von
Neuman. Kemudian kedua orang ini pun mengembangkan suatu mesin computer
elektronik yang menggunakan angka-angka biner dalam operasi aritmatikanya.
b.
EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable
Automatic Computer)
EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) computer
generasi pertama yang sudah mengurangi tabung vakum di mana proses perhitungan
menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC. Kemudian Dr John Mauchly dan
Presper pun mengembangkan suatu mesin computer elektronik yang
menggunakan angka-angka biner dalam operasi aritmatikanya. Von neuman mendesain
EDVAC pada tahun 1945 dengan sebuah memori yang mampu menampung program ataupun
data,teknik ini memungkinkan computer berhenti sesaat dan melanjutkan
perkejaannya kembali. kunci utama desain Von neuman adalah unit pemroses
sentral(CPU) yang memungkinkan seluruh fungsi computer terkoordinasi dalam satu
sumber tunggal
c.
EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage
Automatic Calculator )
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator)
memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data. Di
temukan pada tahun 1952 di Eropa di Universitas of Cambridge.
d.
UNIVAC 1 Computer (Universal Automatic Calculator )
Pada tahun
1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator
) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.komputer ini
merupakan computer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von
Neuman.
KOMPUTER
GENERASI KEDUA
Pada tahun
1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.
Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televise, radio, dan komputer.
Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai
digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956. Penemuan lain yang berupa
pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua
yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi
dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini
adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand
membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk
laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan
yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan
cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi
kepopulerannya.Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan pertama di
Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy
Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua
menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa Assembly adalah bahasa
yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal tahun 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di Universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Pada awal tahun 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di Universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu seperti bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem computer)
Ciri-ciri
komputer generasi kedua :
1.
Komponen utama yang digunakan adalah transistor sirkuitnya
2.
Program yang dibuat dengan bahas tingkat (High Level Language)
2.
Contoh : Fortran, Cobol, Alkgol (The Algorithnic Language)
3.
Kapasitas memory utamanya sudah cukup besar
4.
Ukuran fisik komputer lebih kecil
5.
Proses operasi sudah cepat dapat memproses jutaan operasi perdetik
6.
Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
7.
Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis tetapi juga pada
aplikasi teknik.
Contoh
komputer : Univac III, Burroughs 200, IBM 7070, Honeywell 400, Honeywell 800.
KOMPUTER
GENERASI KETIGA
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Oleh karena semakin berkembangnya kemajuan teknologi elektronika, sekitar tahun ini muncullah alternatif lain. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958 yang bernama SOLID LOGIC TECHONOLOGIE dan MONOLITHIC INTEGRATED CIRCUIT. IC ini mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Contoh komputer generasi ke-tiga antara lain IBM S/370 yang digunakan oleh PEMDA DKI, Univac 116 yang digunakan oleh HAN KAM dan DEP KEU, dan lain-lain.
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Sejak dari
generasi ketiga orang sulit membayangkan komputer generasi
selanjutnya, karena telah banyak sekali perkembangan-perkembangan yang
telah terjadi yang sebelumnya belum terpikirkan, tetapi sejak tahun 1970 ada
dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat.
Perkembangan
pertama adalah penggunaan Large Scale Intergation (SLI) atau juga dengan nama
Bipolar Large Scale Intergation.
SLI
merupakan pemedatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) yang
dijadikan satu dalam sebuah chip yang digunakan untuk menunjukkan suatu
lempengan persegi empat yang memiliki rangkaian-rangkaian terpadu (Intergrated
Circuits). LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale
Integration).
Pada tahun
1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah
chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut
menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu
keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan
ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi, dan juga
kehandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa
kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer
(central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip
yang sangat kecil.
Perkembangan
kedua adalah dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan
semi kondutor yang berbentuk chip untuk memori komputer (Internal Komputer),
sedangkan generasi komputer sebenarnya masih menggunakan magnetic core
storage.
Contoh
komputer generasi keempat yang pertama :
Tahun 1970,
IBM 370 telah menggunakan LSI yang merupakan komputer generasi keempat yang
pertama. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer
(PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan
melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun
1982. Sepuluh tahun kemudian pada tahun 1992 ada sekitar 65 juta PC
digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,
komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang
dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop)
IBM PC
bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple
Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya,
sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.Macintosh
juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa
sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU sepeti
IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU
buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam
golongan komputer generasi keempat
Tahun
1977 perusahaan detepoint corporation mengumumkan Arcnet yang merupakan
komputer Local Area Network (LAN), LAN adalah jaringan komputer yang saling
berhubungan satu dengan yang lainnya yang dihubungkan dengan kabel dalam satu
areal lokal. Tahun 1977 merupakan perkembangan yang sangat penting dalam dunia
komputer mikro sejak mempunyai bentuk fisik yang kecil dengan harga murah yang
dapat dijadikan oleh masyarakat, sehingga disebut dengan komputer personal.
KOMPUTER
GENERASI KELIMA
Akhir tahun
1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara
massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC,
dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC.
Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat
ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer
generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan
software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software
di dunia PC.
Pada
perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC
diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible,
maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan
lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang
menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
Pada
generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson
Junction, sebuah teknologi yang akan menggantikan chip yang
mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara
teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi
perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia,
manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan
energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial
Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI),
multimedia, dan multikomunikasi.
Contoh-contoh
komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang
diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada
tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun
1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel
memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah
transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second).
Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.
Pada akhir
tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir
dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel
mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64
bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan
instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem
operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward
compatibility dengan software 32 bit. Perlu diketahui bahwa sejak
dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu
dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang
digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.
Pada
generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya
juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna
serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih
cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil
dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.
KOMPUTER
GENERASI KEENAM
Dalam
penggolongan generasi komputer, terdapat beberapa pendapat mengenai hal ini
diantaranya ada para ahli yang menggolongkan komputer menjadi tiga generasi,
lima generasi bahkan enam generasi. Namun, yang sering dibahas adalah
penggolongan komputer dalam lima generasi karena komputer-komputer yang kita
pakai saat ini merupakan komputer generasi ke-lima.
Generasi
komputer ke-enam merupakan generasi komputer masa depan. Coba bayangkan
bagaimana teknologi komputer di masa depan, segala pekerjaan dapat kita
kerjakan dengan mudah. Kita bisa browsing apa saja yang kita butuhkan dengan
komputer saat ini. Dengan teknologi saat ini saja, kita seolah-olah sudah bisa
menggenggam dunia.
Para ahli
sedang mengadakan penelitian untuk membuat mikrooptik dan input-output audio
yang memungkinkan untuk dipasang dalam komputer masa depan. Selain itu, saat
ini para ahli sedang mencoba untuk merancang komputer yang tidak memerlukan
penulisan dan pembuatan program oleh user.
Komputer
tanpa program (programless computer) inilah yang nantinya mungkin menjadi ciri
utama generasi komputer masa depan yang sangat canggih. Selain itu, komputer
generasi ke-enam ini menggunakan komponen ULSI (Ultra Large Scale Integration)
yang dapat memuat hingga jutaan komponen dalam suatu chip tunggal.
Disisi teknologi yang lain, beberapa ahli komputer mempunyai keyakinan bahwa suatu saat akan tercipta biochip yang terbuat dari protein sitetis. Rencananya, biochip ini akan ditanam pada robot dan robot yang ditanami biochip ini akan menjadi manusia tiruan. Pengembangan komputer generasi keenam lebih berpusat pada kecerdasan buatan(Artificial Intelligence) dan interaksi antara manusia dengan komputer. Komputer generasi keenam ini juga memiliki bermacam-macam bentuk dan kecerdasan. Bentuk disini dimaksudkan bahwa bentuk komputer ini tergantung dari kebutuhan Misal berbentuk pen sehingga mudah dibawa dll. Kecerdasan yang dimaksud disini bahwa komputer memiliki kecerdasan tertentu saja menurut si pembuat, misalnya komputer yang dipasang di mobil untuk memonitor kondisi lalulintas.
Disisi teknologi yang lain, beberapa ahli komputer mempunyai keyakinan bahwa suatu saat akan tercipta biochip yang terbuat dari protein sitetis. Rencananya, biochip ini akan ditanam pada robot dan robot yang ditanami biochip ini akan menjadi manusia tiruan. Pengembangan komputer generasi keenam lebih berpusat pada kecerdasan buatan(Artificial Intelligence) dan interaksi antara manusia dengan komputer. Komputer generasi keenam ini juga memiliki bermacam-macam bentuk dan kecerdasan. Bentuk disini dimaksudkan bahwa bentuk komputer ini tergantung dari kebutuhan Misal berbentuk pen sehingga mudah dibawa dll. Kecerdasan yang dimaksud disini bahwa komputer memiliki kecerdasan tertentu saja menurut si pembuat, misalnya komputer yang dipasang di mobil untuk memonitor kondisi lalulintas.
Ada
beberapa konsep mengenai perkembangan komputer generasi keenam ini. Beberapa
sumber menjabarkan sebagai berikut :
1.
Komputer optik.
Komputer
ini akan menggunakan partikel cahaya yang disebut photons. Ilmuan NASA telah
mencoba untuk menggunakan cahaya dengan kecepatan yang sangat tinggi tanpa
memperhitungkan hambatan udara. Dr. Donald Frazier telah melakukan penelitian
terhadap blue laser. Beliau berkata bahwa apa yang didapat dari blue laser ini
adalah perkembangan yang super cepat, super miniature, super ringan dan biaya
yang lebih rendah dalam operasi komputer dan komunikasi optik.
2.
Komputer Hologram
Komputer
ini menggunakan hologram untuk pengoperasian. Bentuk komputer sudah tidak
seperti generasi sebelumnya. Komputer dapat berbentuk arloji, pen dan
sebagainya.
3.
Fujitsu Corporation
Fujitsu
Corporation berencana membangun komputer generasi keenam dengan sistem parallel
vektor. Tujuannya adalah untuk mencapai teraflops. Pertumbuhan WAN menjadi ciri
menonjol yang diharapkan oleh Fujitsu.
Pertemuan 2
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
1 .)
QWERTY
2 .)
DVORAK
3 .)
KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang
bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat
bagian yaitu :
1 . typewriter key
2 . numeric key
3 . function key
4 . special function
key.
1 . Typewriter Key
Tombol ini
merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik
yang
terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
·
Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
·
Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala,
hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau
Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
·
Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
·
Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
·
End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
·
Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
·
Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
·
Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
·
Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
·
Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
·
Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key.
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key.
Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka.
Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12.
Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt.
Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.
Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key,
untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan
oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunaka
sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit
masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris
per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat,
sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu
kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan
dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang
kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam
harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah
mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat
disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat
pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk
LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari
lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran
adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR
(Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja
mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti
formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2
B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera.
Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik
dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera
digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak
kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang
diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian
dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera
yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori
komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat
berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya
memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan
speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil,
dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan
untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis.
Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan
tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan
( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan
menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad)
tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris
per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat,
sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu
kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan
dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang
kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam
harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah
mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat
disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat
pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk
LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari
lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran
adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR
(Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja
mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti
formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2
B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera.
Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik
dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera
digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak
kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang
diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian
dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera
yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori
komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat
berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya
memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan
speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil,
dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan
untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis.
Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan
tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan
( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan
menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad)
tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.